Beranda

Jumat, 17 Juni 2011

PROGRAM APLIKASI



Program aplikasi adalah istilah bagi perangkat lunak komputer (Software) yang diprogram secara khusus oleh para programmer untuk dapat melaksanakan tugas-tugas yang telah direncanakan. Dengan menggunakan bahasa script VBasic atau SQL dan sejenisnya, diciptakan program-program aplikasi yang dapat mempermudah tugas-tugas anda dalam mengelola dan memanajemen perusahaan. Program-program tersebut dapat berupa: Sistem Absensi sidik jari, yang dapat mencatat jumlah jam efektif karyawan untuk perhitungan gaji dsb. Sistem Akuntansi Perusahaan, memudahkan bagian akunting untuk menyusun berkas laporan keuangan, Piutang, Pajak dsb, Pengelolaan data karyawan, Pengelolaan Produk online, website developement dsb.

Arti Software
1.       Instruksi, Atau program komputer yang ketika dieksekusi akan memberi fungsi dan hasil yang diinginkan.
2.       Struktur data, Yang memungkinkan program memanipulasi informasi
3.       Dokumen, Yang menggambarkan operasi dan penggunaan program.

 Sifat Dan Karakteristik Software
1.       Software merupakan elemen sistem logik dan bukan elemen sistem fisik seperti hardware
2.       Elemen itu tidak aus, tetapi bisa rusak.
3.       Elemen software itu direkayasa atau dikembangkan dan bukan dibuat di pabrik seperti hardware
4.       Software itu tidak bisa dirakit.

Pembagian Fungsi & Kinerja Software
Berdasarkan fungsi dan kinerjanya, maka software dapat dikelompokkan menjad 3 jenis, yaitu;

Software Sistem Operasi
Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem computer.
Fungsi dari sistem operasi adalah;
  • Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.
  • Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator.
  • Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.
  • Tugas terpenting dari sistem operasi adalah mengatur physical devices dan menampilkan abstarksi mesin virtual dari aplikasi (Interface aplikasi).
Dari fungsi sistem operasi dapat disimpulkan bahwa penggunaan sistem operasi mempunyai  tujuan antara lain;
  • Kenyamanan   :   membuat penggunaan komputer menjadi lebih nyaman,
  • Efisien             :   penggunaan sumber-daya sistem komputer secara efisien.
  • Berevolusi       : sistem operasi harus dibangun sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan, pengujian serta pengajuan sistem-sistem yang baru.
  • Cara kerja Sistem Operasi pada hardware komputer;
Dewasa ini sistem komputer multiguna terdiri dari CPU (Central Processing Unit); serta sejumlah device controller yang dihubungkan melalui bus yang menyediakan akses ke memori. Setiap device controller bertugas mengatur perangkat yang tertentu (contohnya disk drive, audio device, dan video display). CPU dan device controller dapat dijalankan secara bersamaan, namun demikian diperlukan mekanisme sinkronisasi untuk mengatur akses ke memori. Pada saat pertama kali dijalankan atau pada saat boot, terdapat sebuah program awal yang mesti dijalankan. Program awal ini disebut program bootstrap. Program ini berisi semua aspek dari system komputer, mulai dari register CPU, device controller, sampai isi memori. Interupsi merupakan bagian penting dari sistem arsitektur komputer. Setiap sistem komputer memiliki mekanisme yang berbeda. Interupsi bisa terjadi apabila perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software) minta “dilayani” oleh prosesor. Apabila terjadi interupsi maka prosesor menghentikan proses yang sedang dikerjakannya, kemudian beralih mengerjakan service routine untuk melayani interupsi tersebut. Setelah selesai mengerjakan service routine maka prosesor kembali melanjutkan proses yang tertunda.
Sistem operasi berdasarkan tampilannya atau interface dapat dibedakan menjadi 2, yaitu;
  • Command-line interface Yaitu sistem operasi yang masih menggunakan tampilan layar hitam putih dan hanya berbentuk tulisan-tulisan saja tanpa ada gambar atau warna. Sistem operasi jenis ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan keyboard saja. Biasanya sistem operasi jenis ini hanya digunakan pada sistem operasi jenis UNIX dan DOS.
  • Graphical User Interface (GUI) Yaitu sistem operasi yang mempunya tampilan menarik dengan adanya tulisan,  gambar-gambar dan tool-tool yang mempermudah user menggunakan sistem operasi ini. Untuk jenis sistem operasi ini sudah dapat dilakukan dengan menggunakan mouse untuk memilih menu atau meng-klik dokumen yang ingin dijalankan. Pada perkembangan saat ini semua sistem operasi berlomba-lomba untuk membuat tampilan yang menarik dan memberikan kemudahan pada GUI para penggunanya. Sistem operasi yang menggunakan interface GUI ini dapat kita jumpai pada sistem operasi Windows, Linux, Macintosh, dan lainnya.
Software Aplication (Program Aplikasi)
Merupakan perangkat lunak yang khusus ditambahakn dalam sistem operasi yang ada untuk melakukan pekerjaan khusus sesuai dengan kebutuhan dari pengguna komputernya. Untuk menambahkan program aplikasi pada sebuah sistem operasi harus dilakukan dengan cara meng-install sesuai dengan prosedur yang dijalankan pada program aplikasi tersebut, dan biasanya pada setiap program aplikasi disertakan sebuah serial number yang harus di isi disaat peng-instalan.
  • Berikut beberapa jenis program aplikasi yang terus berkembang di pasaran adalah;
    • Program Aplikasi Pengolahan kata, table dan database, Perangkat lunak aplikasi ini merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi).
  • Program Aplikasi Multimedia dan Internet;
Aplikasi multimedia dan internet saat ini mengalami perkembangan yang sangat maju dan cepat. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD, aplikasi untuk menjalankan film-film DVD dan masih banyak lagi program aplikasi yang terus berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi dewasa ini. Untuk aplikasi internet yang umum di gunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger.
  • Program Aplikasi Design Grafis
Merupakan Aplikasi yang bersifat khusus membantu pekerjaan seorang design grafis pada beberapa bidang disiplin pekerjaannya, misalnya untuk membantu pekerja  Engineer menggunakan AutoCAD (gambar struktur), bidang elektroni dengan menggunakan program Protel (gambar rangkaian elektronik), bidang design grafis dan movie maker menggunakan Adobe (untuk pengolahan gambar dan foto), Corel & Macromedia (digunakan untuk pengolahan gambar vektor dan 2D), dan Aplikasi pengolahan gambar dan animasi 3D, serta pada bidang perhitungan tingkat tinggi yang menggunakan program Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
  • Program Aplikasi Utility
Merupakan aplikasi program yang berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan atau kelemahan dari sistem operasi yang digunakan. Misalnya sebuah program aplikasi PC Tool yang dapat membantu menjaga dan merawat kestabilan sebuah komputer dengan beberapa perintah yang dimiliki,seperti clean disk yaitu membersihkan komputer dari file-file yang tidak berguna, defrag register yang digunakan untuk mengatur file-file direktori yang ada pada register edit sebuah sistem operasi, dan perintah lainnya yang berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja dari sebuah komputer. Terdapat banyak vendor yang saling berlomba untuk membuat aplikasi jenis Utility ini dengan kelebihan-kelebihan yang ditawarkan, salah satunya bentuk aplikasi yang unik dan trbaru saat ini adalah EasyRecovery yang merupakan jenis aplikasi dengan kemampuan dapat mengembalikan kembali data-data yang telah terhapus pada media penyimpanan (harddisk, disket dan flashdisk). Beberapa contoh aplikasi utility yang sering digunakan saat ini adalah; Norton Utility, PC Tune-Up, CPUkiller,EasyRecovery, dan sebagainya.
  • Program Aplikasi Anti Virus
Jenis program yang digunakan untuk menjaga, mendeketsi, bahkan menghapus program virus yang telah menggangu kinerja dari sebuah sistem operasi yang dipakai pada sebuah komputer. Virus selalu membuat tidak nyaman para pengguna komputer karena dapat menggangu aktivitas dari beberapa aplikasi lainnya yang ada di sitem operasi, biasanya virus dapat membuat suatu aplikasi tidak bisa dijalankan, membuat beberapa file-file menjadi eror dan ada juga virus yang bisa merusak file-file data penting para pengguna komputer. Untuk mengatasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh aktivitas sebuah virus, maka para vendor software telah membuat beberapa program aplikasi anti virus yang disesuaikan dengan virus-virus yang telah berkembang. Beberapa contoh aplikasi anti virus yang sering digunakan saat ini adalah Norton AntiVirus, McAfee VirusScan, AVG AntiVirus, Kaspersky, Brontotok Remover, dan lain-lain.
Software Programming (Bahasa Pemrograman)
Efektif, kenyamanan dan kemudahan dalam menggunakan sebuah aplikasi sesuai dengan kebutuhan, telah membuat para ahli pemrograman yang disebut “Programmer” untuk membuat suatu aplikasi khusus tersebut yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan khusus sesuai dengan kebutuhan dan harapan dari pengguna komputer. Untuk membuat sebuah aplikasi khusus ini dibutuhkan suatu aplikasi yang di sebut “bahasa pemrograman”. Hasilnya diterjemahkan menjadi kode mesin yang dapat dipahami oleh sebuah komputer. Dan bahasa pemrograman sediri terdiri dari;
  • Bahasa mesin
Merupakan bahasa pemrograman generasi pertama dan tipe paling dasar bahasa pemrograman yang terdiri dari kumpulan angka yang dapat digunakan oleh hardware komputer. Pada bahasa pemrograman ini untuk jenis hardware yang berbeda maka akan menggunakan kode mesin yang berbeda juga. Contohnya, komputer IBM menggunakan bahasa mesin berbeda dengan komputer jenis Apple.
  • Bahasa Assembly
Merupakan bahasa pemrograman generasi kedua yang sdikit lebih mudah digunakan daripada bahasa mesin. Untuk membuat suatu program aplikasi dengan bahasa assembly, seorang programmer membuat kode yang akan diterjemahkan oleh komputer yang disebut dengan assembler.
  • Bahasa Tingkat Tinggi
Pemrograman pada bahasa tingkat tinggi ini lebih powerfull daripada bahasa assembly, dan lebih mudah dalam penulisan kode-kode programnya. Pada bahasa jenis ini dibedakan menjadi tiga generasi, yaitu;
a)      Bahasa generasi ketiga / Third-generation languages (3GLs)
Merupakan bahasa yang pertama menggunakan frase berbahasa inggri dan mempunyai kemampuan 3GLs portable yang artinya kode objek dapat dibuat dan diterjemahkan untuk sistem yang berbeda. Berikut bahasa pemrograman yang termasuk 3GLs; FORTRAN, COBOL, BASIC, Pascal, Bahasa C, Bahasa C++, Java dan ActiveX.
b)      Bahasa generasi ke-empat (4GLs)
Bahasa pemrograman jenis ini jauh lebih mudah daripada bahasa pemrogram 3Gls, karena sudah menggunakan environment berbasis teks atau visual. sehingga banyak pengguna komputer yang bisa menguasai aplikasi program jenis 4GLs ini dengan mudah dan cepat. Bahasa pemrograman yang termasuk dalam bahasa 4Gls adalah; Visual Basic (VB), VisualAge, Authoring environments, dan lain-lainnya.
c)      Bahasa generasi kelima (5GLs)
Merupakan bahasa lanjutan atau perkembangan dari bahasa pemrograman 4GLs yang sudah menggunakan interface visual yang lebih user-frendly, tetapi keberadaan bahasa pemrograman jenis 5GLs ini sering menjadi perdebatan pada kalangan programmer yang banyak tidak setuju bahwa generasi ini ada. Bahasa 5GLs ini menggunakan artificial intelligence (AI) untuk membuat software, yang membuat 5GLs sulit direalisasikan.

Word Processing

Pengolah kata, perangkat lunak untuk membantu user dalam mengolah dokumen surat menyurat atau tulis menulis. Contoh aplikasi atau perangkat lunak yang termasuk ke dalam golongan ini adalah Microsoft Word, WordStar, ABIWord.
Pemroses kata umum di gunakan untuk menggantikan tugas pengetikan yang sering di lakukan. Selain dapat melakukan format pengetikan seperti penomoran, pengaturan spasi, margin (jarak pinggir kertas), jenis huruf (font), pemroses kata juga dapat melakukan proses pengecekan kata bahkan kalimat.
Dalam memori komputer, satu word terdiri dari 16 bit, yang merupakan satu unit data yang diproses ...
Proses sedang berlangsung.
Bagian pemrosesan, Processing, pengolahan, Central Processing atau disebut juga Central Processing ...
   WordStar
Program yang digunakan untuk pengolah kata yang cukup populer dalam lingkungan sistem operasi Disk ...
   WordPress
Software untuk blogging yang cukup populer di dunia internet, diciptakan oleh sebuah perusahaan yang ...
Multimedia Design
Desain multimedia merupakan pengembangan desain grafis statis. Desain Multimedia bekerja dan menghasilkan karya yang tidak hanya dapat dinikmati secara visual, tetapi juga audio. Dengan desain multimedia, memudahkan orang lain atau target untuk menangkap kesan dan pesan yang disampaikan. Hasil kerja desain multimedia seringkali berupa VCD, DVD atau perangkat penyimpan lainnya.
Pengambilan text, gambar, suara dan media sumber lainnya dapat menggunakan kamera digital, mengunduh dari internet, kamera perekam video, dan sebagainya.
Kegunaan desain multimedia antara lain untuk membuat dokumentasi event, curriculum vitae, demo produk, dan sebagainya.
Jenis jenis Browser
dalam dunia internet adalah software atau alat yang digunakan untuk menjelajah internet. Pengertian browser tersebut sejalan dengan istilah “browse” dalam bahasa inggris yang artinya melihat-lihat atau membaca-baca. Arti browser oleh beberapa kalangan disamakan pula sebagai “perambah”.
Beberapa browser cukup terkenal antara lain;

1. Mozilla Firefox

2. Google Chrome

3. Microsoft Internet Explorer

4. Opera

5. Safari dll

Microsoft Internet Explorer (biasa disebut IE) pernah menjadi browser yang paling “berkuasa” beberapa tahun yang lalu. Namun belakangan ini popularitasnya tergusur dengan munculnya browser-browser gratis seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome.

Sesuai dengan namanya Google Chrome adalah browser yang dikeluarkan oleh Google, sebuah perusahaan search engine terkemuka didunia (lihat
pengertian search).

Safari adalah browser besutan perusahaan Amerika bernama Apple yang mungkin kurang dikenal oleh kebanyakan orang yang menggunakan sistem operasi WIndows (lihat
pengertian windows). Namun Safari boleh jadi lebih populer bagi kalangan yang menggunakan sistem operasi Mac yang juga merupakan besutan Apple.

Sedangkan Opera adalah browser yang menerbitkan versi mini untuk pengguna HandPhone, yang pernah mengklaim sebagai browser tercepat didunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar