Beranda

Kamis, 02 Juni 2011

Pengenalan Komputer


Komputer berasal dari bahasa Inggris, yaitu computer . Computer berarti alat untuk menghitung (compute) dan mengolah data. Komputer merupakan peralatan elektronik yang digunakan untuk menjalankan tugas tertentu. Tugas apa saja yang bisa dijalankan oleh komputer berbeda-beda, tergantung pada program yang telah diinstal ke dalam komputer tersebut. Jika dalam komputer Anda sudah ada program Microsoft Word, Anda bisa mengerjakan dan membuat dokumen teks. Jika sudah ada program Winamp ataupun Windows Media Player, Anda bisa memutar file musik dan video. Komputer dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia, terutama penghitungan dan pengolahan data. Namun, saat ini komputer telah merambah dunia hiburan dan digunakan pa da berbagai bisnis mulai dari game, video, dan musik.
 
Dari waktu ke waktu, komputer terus berkembang. Dulu, komputer merupakan peralatan yang mahal dan berukuran besar. Akhirnya, muncullah komputer yang lebih kecil dan dirancang untuk digunakan oleh satu orang pengguna. Komputer ini dikenal juga dengan Personal Computer dan disingkat dengan PC. Selain PC, ada komputer yang lebih cepat dan canggih banyak dipakai untuk keperluan penelitian, pengolahan 3D, riset, bisnis, dan lain-lain. Komputer ini sering disebut dengan mainframe atau super komputer. Harganya mahal dan berukuran sangat besar .
 
Sebuah komputer terdiri atas komponen-komponen fisik yang disebutdengan hardware atau perangkat keras . Hardware komputer mencakup prosesor, RAM, keyboard, mouse, dan masih banyak lagi. Selain komponen hardware, terdapat juga komponen software atau perangkat lunak. Software merupakan program yang digun akan untuk mengontrol fungsi komputer. Personal Computer (PC) dikembangkan dengan standar terbuka sehingga banyak sekali perusahaan yang membuat perangkat kerasnya. Setiap jenis perangkat keras bisa dibuat oleh perusahaan yang berbeda. Namun, karena dikembangkan dengan standar yang sama, komponen perangkat keras tersebut tetap bisa dipakai. Jika Anda mengamati komputer dari luar saja, perangkat keras yang akan tampak antara lain:
A. Monitor, digunakan sebagai layar untuk menampilkan  program dan data yang sedang diproses.
B. Keyboard, digunakan untuk mengetik dan memberi perintah  pada komputer.
C. Mouse, digunakan sebagai pointing device untuk mengklik  menu dan tombol yang ditampilkan pada     monitor .
D. Casing, di dalamnya berisi banyak perangkat keras lainnya  yang digunakan dalam pemrosesan. Ada banyak hardware yang dipasang dalam casing, seperti prosesor, mainboard, RAM, hard disk drive, CD/DVD drive, dan lain-lain. 
    
Casing dan semua komponen di dalamnya dapat disebut dengan system unit (sistem unit). Sistem unit          memegang peranan penting karena merupakan pemro ses yang mendapatkan masukan (in put) dan perintah dari pemakai untuk diolah sesuai kebutuhan. Selain komponen di atas (monitor, keyboard, mouse, dan casing), mungkin Anda akan menemui komponen lain, seperti speaker, printer, dan scanner.

E. Speaker, merupakan perangkat keras yang dipakai untuk menghasilkan suara.
F. Printer, digunakan untuk mencetak data ke dalam dokumen  kertas.
G. Scanner, digunakan untuk memindai gambar dan tul isan.Tulisan dan gambar yang telah dipindai ( di-scan)  akan dibaca komputer dalam bentuk file data










.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar